Empat cara mudah transfer file dari HP ke laptop dan komputer

Cara memindahkan file di handphone ke laptop atau komputer tanpa kabel USB sangatlah mudah. Memindahkan file yang ada di di HP sangat perlu untuk dilakukan sebagai antisipasi hilangnya file.

Kadang-kadang file lebih berharga daripada HP itu sendiri. Gambar atau video kenangan bersama keluarga atau orang tercinta, tidak sebanding dengan harga handphone. Banyak kasus dimanan mahasiswa yang kecurian HP tapi meminta agar si pencuri mengembalikan file tesisnya saja. Begitu berharganya File-file penting yang kita miliki.

Intinya, file adalah sebuah barang berharga yang tidak dapat di ganti dengan uang. Untuk mengantisipasi hilangnya file, alangkah baiknya file tersebut di transfer ke laptop atau komputer. Pada artikel ini, saya ingin berbagi empat cara mudah mentransfer file dari handphone ke laptop atau komputer tanpa menggunakan kabel USB.

Empat cara yang akan kami sharing ini, tidak akan mengurangi kualitas file. File dalam bentuk foto atau video akan tetap sama kualitasnya tanpa ada perubahan sedikitpun. Hal ini sangat berbeda dengan mentransfer Email atau Whatsapp. Kualitas file yang ditransfer melalui aplikasi tersebut akan berkurang karena dikompres secara otomatis oleh Bot.

1. Gunakan Layanan Cloud


Cloud adalah sebuah layanan penyimpanan file secara online. Teknisnya sangat sederhana, sebagai user kita hanya mengupload file dan kita download kapan saja kita butuhkan. Tentunya, tanpa mengurangi kualitas file.

Sekarang, sangat banyak perusahaan yang memberikan jasa pelayanan Cloud secara gratis seperti Dropbox, One Drive, Google Drive dan lain sebagainya. Kendalanya adalah layanan tersebut dibatasi beberapa gigabyte saja. Agar ukuran penyimpanan online unlimited, user harus mengupgrade ke layanan premium. Tentunya hal ini akan membutuhkan biaya setiap bulannya.

Saya sendiri menggunakan layanan Cloud Google Drive yang unlimited. Pelayanan Google Drive gratisan terbatas hanya sampai 15 GB saja. Ada cara mudah agar kita mendapatkan jasa layanan penyimpanan secara unlimited yaitu mendaftar di Kampus-kampus luar negeri.

Email .edu yang diberikan oleh pihak kampus, dapat kita gunakan untuk mendapatkan domain .me secara gratis dan penyimpanan online Google Drive secara unlimited. Tutorial cara mendapatkan email .edu akan kami tulis pada lainnya.

Saya rasa, 15 GB yang disediakan oleh Google Drive adalah sangat besar. Kalaupun kapasitas 15 GB sudah penuh, anda bisa mendaftar akun Gmail baru dan otomatis akan mendapatkan 15 GB kapasitas Google Drive. Cara ini dapat dilakuakan berulang-ulang, tetapi sangat tidak direkomendasi. Kalau anda memiliki penghasilan bulanan yang lumayan, sangat dianjurkan untuk menguprade akun Drive ke premiun.

2. Gunakan aplikasi ShareIt


Aplikasi ShareIt ini sangat kami rekomendasi untuk digunakan mentransfer file dari handphone ke laptop. Selain tidak mengurangi kualitas file, aplikasi ini juga sangat menghemat waktu karena proses transfer file sangat cepat.

File dengan ukuran 20 hingga 30 GB dapat ditransfer hanya dalam waktu 05 hingga 10 menit saja. Menurut kami aplikasi ShareIt ini adalah aplikasi terbaik dibandingkan dengan aplikasi aplikasi lainnya yang ada di Play Store.

3. Gunakan aplikasi Pushbullet


Pada dasarnya apliakasi ini diciptakan untuk mengirim pesan teks atau notifikasi handphone melalui laptop atau komputer. Denagn menggunakan aplikasi Pushbullet maka kita dapat mengirim pesan teks, pesan Whatsapp dan Facebook Messenger melalui komputer.

Aplikasi Pushbullet ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi berbagi tautan dan file dengan mudah di antara perangkat Anda, atau dengan teman. Menggunakan Pushbullet ini merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan tautan atau file ke ponsel Anda untuk dibuka atau dibagikan.

4. Gunakan aplikasi AirDroid


Aplikasi AirDroid berfungsi sama seperti aplikasi Pushbullet dan ShareIt dalam transfer file. Bedanya, aplikasi AirDroid menyediakan fitur-fitur tambahan lainnya yang lebih lengkap. Aplikasi AirDroid adalah aplikasi remote HP dari laptop atau komputer.

Salah satu fitur keren dan sangat bermanfaat dari aplikasi AirDroid adalah "temukan handphone" yaitu melacak lokasi hilangnya HP. Selain itu, AirDroid juga menyediakan fitur remote kamera depan dan belakang. Dan berbagai fitur-fitur keren lainnya yang tentunya sangat bermanfaat.

Itulah Empat cara mentransfer file dari HP ke laptop atau komputer tanpa menggunakan kabel USB. Empat cara tersebut sangat mudah dilakukan dan tidak mengurangi kualitas file. Silakan artikel ini dibagikan kepada sahabat-sahabat lain.

Popular posts from this blog

Melihat kerancuan Argumen Naqli kelompok Inkar Sunnah (Anti Hadis)

Menanti Fatwa MUI, 3 Aspek utama hukum Haram game PUBG

Menelaah Tradisi dan doa khatam al-Quran